[Software] ZEKR : Aplikasi Al Qur’an, Tilawah dan Terjemahannya

“Sering banget interaksi di depan Laptop/Komputer ??? “

“Susah banget kalau mau Tilawah/Mengaji karena harus setiap saat duduk di depan Laptop/Komputer??? “

“Susah banget klo mau buka baca Al Qur’an karena gak ada waktu mau buka Al-Qur’an???”

Baiklah kawan !!!! Insya Allah ini bisa jadi salah satu solusi permasalahan di atas

——————————————————————————————————

Zekr adalah salah satu program untuk memudahkan kita dalam membaca Al-Qur’an secara digital baik di PC maupun di Laptop. Software ini saya kenal pertama kali di Linux Ubuntu Muslim Edition (ME) sekitar tahun 2007/2008….

Ketika pertama kali saya coba aplikasi ini saya sudah tertarik dengan tampilannya (red –cinta pada pandangan pertama )

Penasaran, saya search di Mbah Google dengan kata kunci “ZEKR”….Ternyata software ini juga tersedia untuk yang pakai O.S JENDELA (a.k.a WIND***)

Berhubung saya juga gak bisa ninggalin O.S JENDELA, akhirnya saya coba juga install ZEKR ver JENDELA

Review :

1. Teks Al-Qur’an lengkap 30 Juz

2. Mudah digunakan, dilengkapi dengan Teks asli Bahasa Arab dan juga terjemahannya (Semua bahasa ada, termasuk      Bahasa Indonesia)

3. FREE alias GRATIS (ini yang penting) karena Aplikasi ini berlisensi GPL (General Public License) artinya bebas       digunakan, disebarkan, dan dikembangkan kembali)

4. Sistem pencarian berdasarkan teks ayat/terjemahan.

5. Banyak pilihan Qori (sesuai selera) ; Al-Afasy, As-Sudais, Al-Minshawi, Ar-Refai, Al-Husary, etc

Download Zekr (without java)
Klik di Sini

Untuk mengoperasikan Aplikasi Zekr, dibutuhkan Aplikasi tambahan Java Runtime Environment dan Flash Player, tapi jangan khawatir di bawah ini sudah saya sertakan link Aplikasi Zekr + Aplikasi Java nya

Download Zekr (with java)
Klik di Sini

Download Terjemahan
Semua Bahasa

Download Recitation
Semua Qori

Instalasi Zekr

1. Double click installer Zekr yang sudah di download.  Kemudian akan muncul tampilan berikut:

2.  Klik Next sampai ada tampilan install selesai (Finish)

3. Setelah selesai instalasi program silahkan klik ZEKR atau pada daftar program yang ada di Start – All Programs. Salah satu tampilan Program Zekr setelah dijalankan.

4. Untuk menambahkan translation dari berbagai bahasa yang sudah anda pilih dan download (dalam format zip .trans) dengan cara: buka “Tools”>pilih add>pilih translation>pilih semua bahasa yang diinginkan>enter.

5. Untuk menambahkan recitation dari berbagai Qori yang sudah anga pilih dan download (dalam format zip .recit) dengan cara : buka “Tools”>pilih add>pilih recitation>pilih semua qori yang diinginkan>enter.

Nb : Selamat mencoba kawan…Mudah-mudah bermanfaat & Semoga Aplikasi ini menjadikan kita Tambah Dekat dengan Al-Qur’an…amiinn

01.01.11

B I S M I L L A H I R A H M A N I R R A H I M

“Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan“.(QS. A-Hasyr (59) : 18)

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS. At – Tahrim : 6)

Our 1st Anniversary

10 Mei….

Kalau mengingat tanggal itu, rasanya tidak ada kata lain selain mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah swt…karena dengan seizin-Nya lah kami dipertemukan…Makasih ya Allah (Semoga kami mampu menjaga amanah ini…walaupun rintangan begitu banyak menghadang…amiin)

10 Mei

Tanggal itu adalah hari yang SPESIAL buat kami berdua, dan bahkan SANGAT SPESIAL…karena selain tanggal ini merupakan Hari Jadi Kami (Our 1st Anniversary), hari ini juga adalah Hari dimana Istri saya dilahirkan ke dunia (Happy Milad ya sayangkuw)…

10 Mei…

Miy…Begitulah biasa aku memanggilnya (istri –red), seorang wanita soleha yang selalu setia dalam suka & duka menemaniku setahun ini (maafkan biy yaa,klo belum bisa maksimal menjadi seorang Nahkoda yaa)…

Miy…Seorang PARTNER sejati, yang dengannya saya sudah belajar banyak -terima kasih banyak ya miy…

Miy…Seorang wanita yang dengan sabarnya dan mengikhlaskan rahimnya untuk mengandung buah cinta kami, semoga buah cinta ini bisa menjadi anak yang SOLEH, kebanggaan Agama & Orangtuanya…amiin

10 Mei…

Alhamdulillah hari ini tepat pada hari libur jadi bisa maksimal di rumah membuat sesuatu yang special bersama istri tercinta…hari ini bukan seperti biasa, karena memang sangat SPESIAL…kita mensyukuri Hari Jadi Kita dan juga Milad Istri dengan sesuatu yang sederhana.

10 Mei…

Nasi Kuning Cinta (Naskuncin)…yupps, begitu kami menyebutnya …walaupun sangat sederhana tapi sedikitpun tidak mengurangi ESENSI nya, bagi kami itu adalah sebuah MAHAKARYA cinta yang dibuat dengan cinta dan dipenuhi cita rasa cinta -sungguh terasa bahwa sesuatu tidaklah harus selalu dinilai dengan penampilan & berapa banyak materi yg sudah dikeluarkan-

Akhirnya, doakan kami…agar terus mampu menghadapi segala cobaan yang dating dan mampu menjaga Amanah2x yang sudah Allah titipkan kepada kami. Doakan kami semoga termasuk ke dalam golongan keluarga Sakinah, Mawaddah & Warahmah…amiinn

Wassalam

-udaeko-

menjelang tengah malam di P.Lombok

Taun Baru dan Palestine

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayang dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam” (Shahih Muslim No.4685)

Pergantian tahun semalam, kembali mengingatkan saya dengan salah satu kutipan hadits di atas…

Lho koq….Emang ada hubungannya yaa HADITS sama PESTA TAUN BARU 2009??

Klo membaca isinya sih, memang seolah2 sangat tidak berhubungan satu sama lain..

Tapi coba kita lihat negara kita (muslim terbesar –red) semalam pada saat pesta taun baru…

Langit-langit terang benderang dengan nuansa warna-warni pesta kembang api…

Suara-suara terompet silih berganti, ikut membuat suasana jadi lebih meriah…

Teriakan dan canda tawa setiap warga yang merayakan…

Bukan tidak mungkin banyak makanan dan minuman yang terbuang mubazir karena kekenyangan.

mmm….jadi inget berita di TV beberapa hari sebelum pergantian tahun…

PALESTINE……

Yuppss….hanya satu kata itulah yang hampir tiap hari menjadi Deadline Berita di setiap media

sampai tulisan sederhana ini saya buat pun, kondisi di sana masih sangat menyedihkan…

Saya dan keluarga jadi bertanya-tanya….

Apakah kondisi pergantian taun baru di PALESTINE sama seperti di sini yaa???

Apakah langit-langit di sana juga terang-benderang seperti di sini yaa???

Apakah jalan-jalan di sana tumpah ruah dengan kendaraan2 bermotor (Motor & Mobil)

Apakah orang-orang di sana juga sukaria seperti di sini yaa???

Apakah banyak tersedia makanan dan minuman ???

Menurut saya Tahun Baru di PALESTINE adalah TAHUN BARU YANG PALING MERIAH di seluruh dunia….

Lho Koq Bisa ????

Klo di tempat lain hanya KEMBANG API, tapi di PALESTINE sudah menggunakan BOLA-BOLA ROKET Israel.

Klo di tempat lain hanya bunyi TEROMPET, tapi di PALESTINE sudah menggunakan SENJATA canggih.

Klo di tempat lain hanya MOBIL & MOTOR yang tumpah ruah di jalan, tapi di PALESTINE..TANK-TANK BAJA berteknologi tinggi pun ikut meramaikan jalan-jalan.

Klo di tempat lain hanya ada CANDA & TAWA, tapi di PALESTINE…hanya ada SUARA TANGIS & PEKIK TAKBIR.

Klo di tempat lain banyak MAKANAN & MINUMAN yang terbuang mubazir, tapi di PALESTINE…banyak perut-perut yang menahan laparnya karena tidak ada cadangan makanan tersisa.

Dan mungkin masih banyak lagi cerita di sana (PALESTINE –red) L

Gmana….sudah dapetkan KORELASI antara Hadits diatas dengan TAHUN BARU 2009 ???

Astaghfirullah….

Sungguh suatu perbandingan yang sangat bertolak belakang…

Sungguh, jadi malu rasanya…apakah diri ini masih layak disebut seorang MUKMIN…

Klo ternyata hati ini masih belum merasakan kepedihan seperti apa yang dirasakan saudaranya…

Klo ternyata diri ini masih bisa tidur nyenyak di saat saudara-saudaranya yang lain merasakan kesakitan…

Klo ternyata diri ini masih sulit menyisihkan rezekinya untuk saudaranya yang lebih membutuhkan…

-udaeko-

Hari Ini Setaun yang Lalu

Tepat hari ini tanggal -12 Maret- taun -2007- lalu..

Lahirlah sebuah personal blog yang di beri nama http://www.udaeko.wordpress.com

Memang sih, selama setaun ini sepak terjang blognya si Uda memang belum ada apa2nya dibandingkan dengan blog-blog lain yang sudah ada malang melintang di “dunia perBlogan aka BLOGOSFER

Tapi gpp lah namanya juga anak baru” memang masih harus banyak belajar dan tetap akan terus belajar😉

Oiya temans…..sengaja Uda lampirkan fakta2 yang ada di Blognya Uda selama setaun ini…

Bukan bermaksud apa-apa loh ini hanya sebagai penyemangat aja dan juga sebagai bahan Introspeksi untuk si Uda khususnya🙂

——————————————————————————————————

Fakta-fakta yang ada di blognya si Uda selama setaun

  1. 19809 ( jumlah tamu yang sudah mampir/nge-klik ke blognya Uda )
  2. Kita Sebenarnya ( Judul postingan pertama di blognya Uda)
  3. Efek Perang Tarif ( Judul postingan terakhir di blognya Uda)
  4. “Ayat-Ayat Cinta” : The Movie ( Postingan yang banyak di komentari )
  5. …..
  6. …..

——————————————————————————————————

Akhirnya…sebagai bahan pengingat dari fakta2 di atas

Semoga dengan adanya blog si Uda di Jagat Blog ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang sudah mampir dan turut membacanya juga mohon dimaafkan klo ada tulisan si Uda yang kurang berkenan bagi teman-teman yg membacanya.

Khairunnas anfa’uhum linnas

-“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain

Salam Kenal

.:: udaeko ::.

Efek Perang Tarif

duuhhh klo mo ngikutin tuh IKLAN OPERATOR ternyata capek juga yaaa….

yaiyalah….mo tau gak kenapa, begini lho ceritanya:

baru aja kemaren ada yg ngasih tarif 1Rp/dtk trus besokkannya ada yg banting harga lagi jadi 0,1Rp/dtk nah si pemain yg lain (operator -red) gak mo kalah juga, dia cuci gudang deh dengan harga funtastis 0,01 Rp/dtk eh pas tgl 5 Maret’08 ada yg ngasih harga TOP MARKOTOP bgt 0,000000…1 Rp/dtk coba deh lo bayangin gmana gak MANTEB tuh tarifnya

tuh kan capek gak tuh klo kita nurutin nih Iklan Semua

  • bentar2 ngeliatin iklan Operator ( emangnya gak ada kerjaan lain apa ???? )
  • bentar2 pasti pada niat mo ganti kartu
  • bentar2 ada aja tmn2 yg ganti No
  • bentar2 ada yg mo kawin sama MON**T (ooppss, nah ini nih yg parah bgt efeknya)
  • ……
  • ……

Tapi menurut gue sih dari perang tarif ini, ternyata ada lho Efek Positifnya….Mo tau apa aja ???

nih dia :

  • Jadi Pinter Matematika (yaa gmana gak pinter, kita dituntut kudu pinter ngitung nih, gara2 Tarif/dtknya brubah2 trus ‘N udah gitu ada rumusnya lagi😉 )
  • Yang pastinya jadi lebih murah dunk
  • Bisa belajar SETIA ( walaupun operator lain memberikan yg lebih baik tapi tergantung lo mo ttp sama Nomor yang lama (segala kelebihan dan kekurangannya) apa pindah ke lain hati ;- ) )
  • ….
  • ….
  • Nah bagi tmn2 nyang ngerasa ada yg punya pendapat lain/Mo nambahin…

    sok atuh di Comment aja yaaa….onion-head66.gif

Akhirnya…

Yuuups, akhirnya……si uda mulai nyoba posting lagi di blog nih….
(setelah hampir 2 bulan
cuma wait ‘n see doang wara-wiri di BLOGOSFER jagat di mana weblog berada dan berkelana)

onion-head35.gif Ok fren, nantikan aja cerita selanjutnya dari si uda😉

Bertengkar Dengan Indah

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM

Buat Yang Udah Nikah, Mau Nikah, Punya Niat Untuk Nikah🙂

Sebarkan kepada orang2 yang anda kenal……..mudah2an bermanfaat.

Bertengkar adalah phenomena yang sulit dihindari dalam kehidupan berumah tangga, kalau ada seseorang berkata: “Saya tidak pernah bertengkar dengan isteri saya !” Kemungkinannya dua, boleh jadi dia belum beristeri, atau ia tengah berdusta.

Yang jelas kita perlu menikmati saat-saat bertengkar itu, sebagaimana lebih menikmati lagi saat saat tidak bertengkar. Bertengkar itu sebenarnya sebuah keadaan diskusi, hanya saja dihantarkan dalam muatan emosi tingkat tinggi.

Continue reading