PROVINSI SUMATRA BARAT-RANAH MINANG

on

PROVINSI SUMATRA BARAT

RANAH MINANG

 

Apakah sama wilayah Alam Minangkabau dengan Wilayah Provinsi Sumatra Barat hari ini?

Wilayah Minangkabau, baik Luhak maupun Rantau itu kini masuk sebagai wilayah Provinsi SUMATRA BARAT. Tetapi memang wilayahnya jauh lebih kecil, karena beberapa rantau tersebut kini masuk ke provinsi lain. Misalnya daerah-daerah Rantau Timur seperti Rokan, Kampar dan Kuantan kini masuk di Provinsi RIAU. Sedangkan beberapa daerah di Rantau Pesisir Barat, seperti Kerinci kini masuk Provinsi JAMBI. Atau misalnya daerah Muko-muko dan Kota Bengkulu yang (tentu saja) kini masuk Provinsi BENGKULU. 

Kapan Provinsi ini berdiri ?

Provinsi Sumatra Tengah  adalah yang mula-mula berdiri, merangkumi Minangkabau, Riau dan Jambi. Pada tahun 1958 ia dipecahkan menjadi 3 Provinsi, iaitu Provinsi Riau beribu negeri di Tanjung Pinang, Provinsi Jambi beribu negeri Jambi Kota dan Minangkabau yang disebut sebagai Sumatra Barat beribu negeri di Padang. 

Berapa Luas wilayah Provinsi Sumatra Barat?

Keluasannya adalah 42.297 km2 atau kira-kira 9% Luas Pulau Sumatra atau 2% Luas Wawasan Nusantara (Negara Republik Indonesia). Ia menduduki peringkat ke 6 dari 10 Provinsi di Sumatra. 4 provinsi lain yang lebih kecil wilayahnya dari Sumbar adalah : Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka & Belitung serta Kepulauan Riau. 

Terbagi dalam berapa wilayah-kah Provinsi Sumatra Barat?

Provinsi Sumatra Barat terbagi atas 19 Daerah Tingkat II berbentuk Kebupatian dan Kota/Bandar. Yang disebut sebagai Kebupatian adalah daerah luas diluar bandar dan dipimpin seorang Bupati (mirip luhak), sedangkan Kota/Bandar adalah wilayah yang lebih sempit dan lebih ramai penduduknya, dipimpin seorang Walikota. Baik Kebupatian maupun Kota/Bandar mempunyai perwakilan rakyat/parlemen yang disebut DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). Bertugas mengawas kerja Bupati atau Walikota tempatan. 

Apa saja nama Kebupatian dan Kota di  Provinsi Sumatra Barat?

 7 Kota/Bandar di Sumbar adalah PADANG, PADANGPANJANG, BUKITTINGGI, SOLOK, SAWAHLUNTO, PAYA KUMBUH dan PARIAMAN. Sedang 12 Kebupatiannya adalah : 

1.      AGAM beribunegeri di LUBUK BASUNG

2.      TANAH DATAR beribunegeri di PAGARUYUNG

3.      LIMAPULUH KOTA beribunegeri di PAYA KUMBUH

4.      SOLOK beribunegeri di ARASUKA

5.      SOLOK SELATAN beribunegeri di PADANG ARA

6.      PADANG PARIAMAN beribunegeri di PARIAMAN

7.      PASAMAN beribunegeri di LUBUK SIKAPING

8.      PASAMAN BARAT beribunegeri di SIMPANG EMPAT

9.      SAWAHLUNTO-SIJUNJUNG beribunegeri di MUARA SIJUNJUNG

10.  PESISIR SELATAN beribunegeri di PAINAN

11.  DHARMASRAYA beribunegeri di PULAU PUNJONG

12.  KEPULAUAN MENTAWAI beribunegeri di TUA PEJAT 

Bagaimana mencapai Kota Padang ?

Dari udara ia dicapai melalui  Lapangan Terbang Antara Bangsa MINANGKABAU INTERNATIONAL AIRPORT di Ketaping, Padang Pariaman. Dari laut, melalui Pelabuhan Teluk Bayur. Dan dari darat, ia bisa dicapai melalui Medan (Medan-Padang Sidempuan-Penyabungan-Pasaman-Padang Pariaman-Padang); dari Pekanbaru (Pekanbaru-Kampar-Payakumbuh-Bukittinggi-Padang) atau dari Bengkulu (Bengkulu-Mukomuko-Painan-Padang); dan dari Jambi (Jambi-Kerinci-Padang). 

Apa saja tujuan yang menarik di Sumatra Barat?

Pantai Muaro (Batu Si Malin Kundang) di Padang; Istana Pagaruyung di Batu Sangkar; Peranginan Bukit Tinggi : Ngarai Sianok, Jam Gadang, Fort De Kock, Pasar Ateh & Bawah; Pusat Songket & Bordir di Pandai Sikat; Rumah Gadang di Padang Panjang; Tasik/danau Maninjau di Singkarak. Hampir semua wilayah di Sumatra Barat mempunyai daya pikat yang menarik karena bentuk seni bina rumahnya yang khas, dan alamnya yang permai sertai udara yang sejuk. 

Apa saja oleh-oleh khas Sumatra Barat?

Songket Minang, Bordir Minang, Sulam Minang, Sarung Tenun Silungkang; Makanan (snack): Karupuak Lado Sanjai; Dakak-dakak Petak; Kalamai Kacang ; Coba juga makan di Kedai makan Nasi Kapau.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s