10 QUICK PICK-ME-UPS!

1. 5-second de-stresser : Rub Your Earlobes Teknik akupresur dengan gerakan memijit-mijit daun telinga bagian bawah ini bermanfaat mengatasi sakit kepala dan nyeri pada otot leher. Hmmm…. enak!
2. 5-second energy booster : Down a Glass of Water Hati-hati, dehidrasi bisa membuat tubuh kita lebih lemas, bahkan sebelum kita sendiri merasa kita kehausan. Maka sempatkan 5 detik waktu di antara rutinitas sehari-hari untuk minum segelas air.

3. 30-second mood lifter : Laugh Out Loud Yang ini tak usah diragukan lagi, budaya kita mengenal jargon “tertawa itu sehat”. Humor dan tertawa akan meningkatkan mood kita dan bisa jadi ‘cheerleader’ yang baik saat kita mau melakukan aktivitas yang lebih membutuhkan energi.

4. 1-minute stamina builder : Focus on Your Breathing Menarik nafas dalam-dalam akan meredakan denyut jantung yang berdetak cepat, dan segera mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Lakukan hal ini selama satu menit tiap harinya.

5. 3-minute energy charger : Take a Hot/Cold Shower Paling enak sistem ini diterapkan kalau kita punya hot/cold shower, tapi kalau pun tak ada, bisa menyiapkan seember air hangat yang agak panas (jangan terlalu panas juga ya…). Air dinginpun sebenarnya sudah bisa membuat kita segar, tapi dengan sistem ini, ketika kita menyiram diri dengan air dingin setelah sebelumnya disiram air panas, perubahan temperatur akan semakin membuat kita merasa segar dan ‘tersadar’.

6. 5-minute energy charger : Soak up (a little) Sun Mandi matahari selama 5 menit sehari, tak perlu banyak-banyak apalagi buat yang takut hitam!. Sinar matahari akan menstimulasi neurotransmitter di otak kita, seperti serotonin dan dopamin, yang akan meningkatkan motivasi dan semangat. Jadi, mandi matahari? Siapa takut???

7. 5-minute brain revver : Take the Road Less Traveled Ide sebenarnya adalah ‘mencari pemandangan baru’. Kalau kita mencoba mencari rute baru saat berkendaraan menuju kantor, ataupun sambil berjalan kaki saat mau berbelanja ke pasar, bisa menstimulasi otak kita dan juga meningkatkan energi tubuh. Apalagi kalau di rute baru itu ternyata ketemu mahluk manis, woow, lebih semangat lagi!

8. 20-minute de-stresser : Curl up for a Catnap Pasti ini menjadi kegiatan favorit setiap orang! Menyisihkan 20 menit di saat kita stres atau dikejar deadline benar-benar bisa membuat badan lebih segar, dan otak pun jadi lebih mudah berpikir. Tapi pastikan tidak boleh lebih lama dari 20 menit, karena nanti malah pusing, dan fenomena ‘jiwa belum segera bersatu dengan raga’, atau ‘lulungu’ kalau kata orang sunda bilang, akan muncul di diri Anda!

9. 20-minute brain revver : Practice a New Skill Mencoba mempelajari bahasa asing baru (yang benar-benar asing), ataupun bermain catur adalah salah dua cara untuk menghindari diri dari kelelahan mental.

10. 20-minute energy booster : Opt for Solo Time Jangan ragu-ragu untuk meng-isolasi diri kalau merasa perlu! Seorang expert bahkan mengistilahkan orang-orang yang suka mengganggu (atau yang tidak penting) sebagai ‘energy vampires’ alias si penghisap energi!

Nah… Bagaimana, bisa menjadi acuan kan? Atau jangan-jangan Anda sudah mencobanya sekalian sambil baca artikel ini? Hmmm, bagaimana hasilnya? Baikkah? Hehehe… kalau belum, yuk kita coba sama-sama! (Sumber : Prevention magazine)

One Comment Add yours

  1. Kafiudin says:

    Artikel kesehatan begitu pue..nting sbb aku penah ngrasain sakit slama 7thn,betapa menderita lahir batin. info ksehatan yg diperoleh hrs dipraktekan.sehat itu nikmat yg luar biasa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s