Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela)

tottochan2.jpg

Judul Buku : Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela
Penulis : Tetsuko Kuroyanagi
Alih Bahasa : Widya Kirana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2003
—————————————————————————————————————————————–

Siapa yang waktu kecilnya bandel, berisik, banyak tanya dan tidak bisa diam? Tidak termasuk anda? Berarti sewaktu anda kecil bukan anak kecil yang normal. Anak kecil bandel dan berlaku macam-macam kebandelan itu biasa. Tapi ada batas kewajaran dari kebandelan tersebut.
Tapi Toto-chan, mh… mungkin tidak bisa dibilang bandel tapi luar biasa… minta ampun deh. Bayangkan, kelas satu SD saja sudah di D-O karena bandel. Selama satu minggu dia bersekolah sudah membuat guru kelasnya bahkan guru kelas-kelas lainnya strez abis.
Untung dia punya mama yang bijaksana. Mama tidak memberitahu Toto-chan tentang pemecatan tersebut hingga ia dewasa. Agar tidak mengganggu teman sekelasnya, mama mencarikan Toto-chan sekolah yang baru. Sekolah yang dapat menerima putri kecilnya apa adanya dan mampu mengajarinya bagaimana seharusnya berlaku dengan baik.
Setelah bertanya kesana kemari, akhirnya mama menemukan TO-MO-E-GA-KU-EN. SD Tomoe yang didirikan oleh Pak Sosaku Kobayashi. Seorang pakar pendidikan yang ramah dan sabar. Ia mendalami dan menerapkan euroritmik di Tomoe.
Pak Kobayashi juga menerapkan beberapa sistem yang “aneh” dan tidak biasa ada di sekolah lain. Setiap kegiatan di sekolahnya dirancang khusus untuk kebutuhan setiap siswa. Semua siswa merasa senang di Tomoe.


Walaupun keseluruhan cerita mengenai Toto-chan, tapi buku ini sebenarnya ingin menceritakan tentang Tomoe sebagai hasil karya Pak Kobayashi.
Setiap orang yang membaca buku ini pasti ingin bersekolah di Tomoe. Setiap praktisi pendidikan yang membaca buku ini pasti akan mengidamkan punya sekolah seperti Tomoe. Dan pada kenyataanya banyak sekali guru muda yang terinspirasi dengan Tomoe dan menerapkan di sekolah mereka. Baik mereka sebagai pengajar, atau bahkan sebagai pendiri.
Ide Kobayashi sebagai pendidik sejati sangat kuat melekat dalam benak setiap praktisi pendidikan muda yang membacanya. Ia menjadi model ideal seorang pendidik. Cara-cara ia bergaul dengan siswanya, cara ia menegur guru bawahanya.

Buku yang bagus buat memahami isi kepala seorang anak, sekaligus belajar memahami cara berpikir seorang anak. Jadi baik dibaca buat anak-anak dan para orangtua/guru.

Totto-Chan bahagia masuk ke sekolah yang berbeda dengan sekolah pada umumnya, karena di sekolah ini ia mendapat kepercayaan besar dari Kepala Sekolah Kobayashi yang menghargai pendapatnya sebagai anak kecil.

Sekolah Tomoe ini juga memiliki pendekatan menarik dengan tiap muridnya. Misalnya ada upacara makan bersama dengan kebiasaan “makanan dari laut , dan makanan dari gunung”. Dan banyak kebebasan dimana di kelas tiap anak bebas belajar yang mereka suka tanpa harus mengikuti urutan pelajaran.

Buku yang harus dikoleksi perpustakaan keluarga dan sekolah!

16 Comments Add yours

  1. delchie says:

    aq udah baca bukunya….
    wah…..bagus banget!!!
    kabari aq kalo’ da buku terbaru???!
    thanks

  2. maskun says:

    met kenal. resensinya saya buat link di blogku ya. soalnya bagus bgt. thx

  3. PITTE ra says:

    aku udah baca buku ini, sangking sukanya ngebaca buku ini, aku udah baca sampai 5 kali dan nggak pernah bosan. Memang betul bahwa semua orang yang membaca buku ini pasti ingin bersekolah di TOMOE GAKUEN, karena mereka bisa membayangkan sendiri dan ketika membacanya serasa kita berada di sekolah tersebut, serta mereka juga ingin mempunya kepala sekolah seperti pak kobayshi yang sangat mengerti anak-anak dan memberikan pelajaran sesuka mereka sehingga bisa mengembangkan bakat masing masing anak. seperti TAI-CHAN yang bebas belajar fisika sesuka dia. walaupun aku udah SMP aku ingin sekali seperti totochan yang dapat bersekolah di tomoe gakuen, andai saja sekolah seperti itu masih ada.

  4. agusjay55 says:

    Iya ceritanya unik. saya senang cara pendekatan Mr. Kobayashi terhadap murid2 di sekolahnya. oiya, cerita yang paling asyik bagi saya adalah yang tentang kayu yang bisa bikin pemakainya tahu sedang sakit apa tidak. lucu dan menyentuh mengetahui cara Mr. Kobayashi menanggapi Totto chan ketika itu.

    Salam kenal

  5. Lia says:

    dear Mas Udaeko..

    aku pengen banget baca bukunya…
    aku udah download sih,, tapi versi english,,,
    yg versi indonesia ada nggak….
    pengen bgt nih….

    thanks………

    1. riani says:

      beli dong…masa download

  6. TOTTO CHAN,MY FAVORIT BOOK,KEREN…

  7. duwa says:

    ada buku baru yang bagus lagi ga?
    bagi cerita donk, gw tau totochan dari abang nya temen gw. Asli bagus banget.

  8. ibep says:

    gw juga udh baca!
    bagus bgt
    nyeritain bagaimana cara seorang guru yang
    mengerti satu per satu murid nya
    dri yang cacat sampai yang pinter kimia
    haha
    sedih juga pas salah satu muridnya meninggal
    temennya toto-chan yang manjat pohon itu loh..

  9. Devi says:

    Menurut saya buku ini bagus banget… Cerita per babnya singkat,jelas dan padat. Jadi gak bakal bosen baca novel ini karena ceritanya ga bertele-tele. Saya rasanya pengen banget sekolah di Tomoe gakuen & punya kepala sekolah dan guru2x seperti yang ada di sekolah Tomoe gakuen.. Guru & Kepala sekolahnya benar-benar pengertian sama muridnya dan kreatif banget.. Coba kalau sekolah2x sekarang seperti itu pasti asyik banget tuh…

  10. chiu says:

    ada downloadan ebooknya engga bang??
    plis, buku lama sulit nyari…😥

  11. Fika says:

    Kyeeenz bet bku’a. Pngen deh ktmu Mr. Kobayashi, seseorg yg bs ngrtiin ank2. Mngkn tomoe gakuen cma skolah kcl yg jrng org lrik pi skolah it bs mnjdkn mrid2’a org yg skses.
    ^_^

  12. inuzuka says:

    salam kenal !

    saya baca buku ini sekitar awal 1990. saya sangat terkesan dengan pak Kobayashi. Kok gak pernah ya nemuin buku sejenis yg semenarik ini…

    kalo nemu, tolong di post ya…
    thanks

  13. aunur rofiq says:

    aq dah baca buku ini lamaaaaa,
    sepakat dech kalo amat menarik,
    aku sunting resensinya untuk iming iming di perpus
    sekolahku. dan
    tolong informasi ebook lainnya untuk koleksi perpustakaan di sekolahku.
    terima kasih banyak

  14. nova chaerina says:

    a great book…indonesia’s society must read it,,,especially teacher and student…

  15. cinta minyak says:

    ya Allah seandainya dulu aku ketemu dan diajarin mr. kobayashi mungkn aku tidak akan seterpuruk ini.

    Betapa bijaknya beliau.

    ———————————————
    mampir PERTAMINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s