Edensor: Buku Ketiga Dari Tetralogi Laskar Pelangi

edensor1.jpg
Jika hidup ini seumpama rel kereta api dalam eksperimen relativitas Einstein, maka pengalaman demi pengalaman yang menggempur kita dari waktu ke waktu adalah cahaya yang melesat-lesat di dalam gerbong di atas rel itu. Relativitasnya berupa seberapa banyak kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang melesat-lesat itu. Analogi eksperimen itu tak lain, karena kecepatan cahaya bersifat sama dan absolut, dan waktu relatif tergantung kecepatan gerbong -ini pendapat Einstein- maka pengalaman yang sama dapat menimpa siapa saja, namun sejauh mana, dan secepat apa pengalaman yang sama tadi memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda, relatif satu sama lain.”

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan.”

Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!”

—————————————————————————————————————————

Demikian, petikan dari novel terbaru Andrea Hirata yang berjudul Edensor, buku ketiga dari rangkaian empat novel yang dinamakan Tetralogi Laskar Pelangi (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov). .

Berbeda dengan setting cerita Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, Edensor mengambil setting di luar negeri saat tokoh-tokoh utamanya, Ikal dan Arai mendapat beasiswa untuk sekolah di Inggris dan Perancis. Dalam novel Edensor, Andrea semakin mapan dengan ciri khasnya, mengelola kisah ironi menjadi parodi dan menertawakan kesedihan dengan berbalut pandangan-pandangan yang penuh intelejensia tentang culture shock ketika kedua tokoh utama tersebut (yang berasal dari pedalaman Melayu di Pulau Belitong) tiba-tiba berada di Paris. Seperti novel-novel Andrea sebelumnya Edensor memiliki kekuatan filosofis yang menebarkan semangat dan inspirasi bagi pembacanya.

Novel-novel Andrea ditulis dengan gaya realis dan berhasil mencuri perhatian masyarakat secara luas melalui kekuatan cerita, pesan-pesan moral, dan metafora yang memikat. Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi tercatat sebagai novel-novel best seller saat ini, bahkan novel Laskar Pelangi merupakan novel Indonesia pertama yang mampu mencapai best seller di luar negeri dan akan segera pula difilmkan.

Meskipun mengaku tidak memiliki latar belakang sastra, namun sebagaimana ciri khas orang Melayu, Andrea terbiasa mendengarkan cerita dari para orang-orang tua di kampungnya, yang bercerita tentang sejarah dan cerita-cerita klasik Melayu Belitung.

Namun, saat ia meluncurkan novel pertamanya Laskar Pelangi, Andrea Hirata Seman, sarjana lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan S2 dari Sheffield Hallam University, Inggris, tak pernah berpikir namanya akan menjadi pembicaraan orang terutama dari komunitas buku. Menurut pemuda kelahiran 24 Oktober ini, awalnya dia hanya ingin menjadi ekonom yang dapat menularkan ilmunya bagi bangsa dan negaranya. Seluruh novel yang ditulisnya terinspirasi dari kisah nyata atau memoar dari kehidupannya sendiri. (http://news.indosiar.com/news_read.htm?id=60731)

Edensor Gegar Budaya di Negeri Orang Dalam Edensor, disematkan unsur filosofi yang merupakan jawaban dari pertanyaan kehidupan. Kehidupan seolah digambarkan sebagai sebuah mozaik, terdiri dari kepingan-kepingan semangat yang tidak putus oleh rintangan” Kompas, 30 Maret 2007 (http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0703/30/jateng/50836.htm)

68 Comments Add yours

  1. rustam says:

    assalamualaikum

    aku lagi kepengen baca novel neh, kalo ada yang tahu tempat download novel gratis, minta dunk… soalnya mo beli susah, orang miskin….

    1. Arnaz Kamal says:

      uang yang dikeluarkan untuk membeli buku, sangat tidak sebanding dengan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. begitu sangat berharganya materi yang dikandungnya. apalagi buku novel, kita dapat memperkaya kosa kata sekaligus penyejuk jiwa. so….beli aja…uang dapat dicari…

    2. yevi nursyaidah says:

      asslamualaikum
      rustam hahahaha
      emanng blum baca buku nya yah?
      seru loh aku juga gbaca ga beli tapi sekolah yang beli,jadi setiap hari buku itu di pinjam secara bergantian…

  2. eko andri says:

    bagi yang bersedia mengirimkan soft copy laskar pelangi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya.

  3. odi says:

    iya nih, dmn ya dpt donlot nih novel nya!!!

  4. ANAS says:

    memang keren ni novel!

    1. yevi nursyaidah says:

      superrrr kerennnsszzzz

    2. nadya says:

      kamu udah pernah baca novel ini? tolong bales yaaaa thanks🙂

  5. assysya says:

    memang novel ini keren, tapi gaya hidup hedon maih sediit ditonjolkan, ya misalya pacaran

  6. hilmisetiawan says:

    Bos, jika bisa masukkan blog kampus ku buletin-edukasi.blogspot.com trims

    1. yevi nursyaidah says:

      ih waw kalu jauh gimana dunkk?

  7. agie says:

    bagi temen2 Qu…..,sebangsa & setanah air yg punya novel ni pinjem donkkkk…..?????

    1. alle says:

      aku punya, dateng aja ke lampung. ckckck

  8. christine says:

    gw blum baca sih bukunya..
    tp gw kagum n pengen kenal..
    thanks

  9. aisyah says:

    Subhanallah, ada orang seperti andrea hirata, seharian saya bawa novel bersama saya, sampe ga kerasa ternyata saya baru tidur jam 1 malam…dan yg paling bikin dongkol, saya naek angkot kelewat jauh banget gara gara keasikan baca buku ke 2 sang pemimpi….walah walah

    1. yevi nursyaidah says:

      aku juga neh gara2 keasiyan baca malah tiap malam jai bergadang….. heheheh

  10. Lintar says:

    Saya pembaca novel sejak SMP, dan sudah ratusan judul novel yang telah saya baca. Tapi, baru di Novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor karya Andrea Hirata saya dapati kekuatan cerita yang begitu memikat.

    Saya telah rekomendasikan kepada saudara, teman, sahabat dan tetangga saya untuk membeli dan membaca ketiga buku ini. Harga bukunya tidak sebanding dengan pelajaran dan hikmah yang bisa kita petik dari cerita dalam novel ini.

    Salut untun Bang Andrea

  11. tutinonka says:

    Saya sudah membaca ketiga novel Andrea, Lasykar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor. Sangat memikat. Kita dibuat menangis, sekaligus tertawa terpingkal-pingkal. Bravo untuk Ikal!

  12. abu hasan says:

    andrea is the best writer

  13. _upreaL_ says:

    aku suka bgt buku ni…
    critanya mnyentuh,bagus, pokoke andrea hirata pny sense of boo bgt,d……….

  14. Hafiz says:

    Do you have the full version from Edensor???

  15. Nhaya says:

    Novel yg ke3 nhhie ntu sngat menggugah hati aQ bangt,

    Btw kak Andrea, aQ pngn donk mnta fhtona kak Arai,lintang dan a Ling

  16. zero says:

    wowww its great

  17. deka says:

    asalamualaikum…

    gw kagum di cerita laskar pelangi
    gw paling salut sama tokoh yg bernama lintang

    tekadnya itu udah kaya baja……
    menempuh jarak 80km ke sekolah
    menghampiri buaya2
    ceritanya sangat menyentuh hati an sangat terharu…
    sayang bokapnya meninggal disaat dia memerlukannya
    tapi itu pun ga jadi halangan bagi lintang
    dia tetap menghidupi keluarganya yg banyak walaupun hanya menjadi supir bus

    kadang kala pemerintah hanya menatap rakyatnya hanya sebelah mata..

    sukses deh buat penulisnya andrea hinata

  18. afa says:

    novel yamg inspiratif bgt…!

  19. Dolly says:

    Buku penggugah jiwa yg mengajak kita utk brmmp mskpn kt sdh

  20. niesha says:

    gw dah baca EDENSOR dan comment gw…..

    SUMPAH…..tu buku bagus bgt….

    perfect…very good…..

    gw sampai baca berulang2 kali….

    buku nya bikin gw ktawa n merinding ma mimpi2 arai n ikal……

    thanks bgt kak andrea krn udah nulis tu buku….

    good luck…>_<

  21. rahma says:

    assalamu’alaikum…

    bagus n mendidik…membuka mata hati yang slama ini terbisu lama dalam mata rantai yang tidak terlalu panjang…pemahaman akan hidup cerdas yang tertuang dalam goresan bermakna…

  22. Sandoz 13 says:

    what a wondeful book……
    Buku yg mengajar utk tdk takut bermimpi dan mengejar mimpi2 itu!!!
    thanks buat semangatnya!!!!!!!!!!

  23. lusi says:

    tetap berkarya,terbitkan lagi novel2 lainnya!!!

  24. rizky r says:

    luar biasa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ternyata baca novel ini bangkitkan semangat

    dan setelah bertemu langsung sama Andrea Hirata ternyata orangnya baik dan gak sombong!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    bravo Andrea Hirata

  25. alyn says:

    hmmm…novelnya bner2 bagus…
    membangkitkan semangadd orang yang punya cita2…
    jgn pantang menyerah,,

  26. Subhanallah….
    novel yang mengugah….
    alurnya suspensif, tak terduga, penuh makna, sarat pelajaran dan hikmah, kelihatan sekali sebagai novel yang di tulis gak cuma dengan tangan, tapi dengan HATI….
    tapi sayang ya, novel ke empatnya, MK, agak terkesan kejar tayang.., tapi tetep masih bagus…🙂
    nice blog bro….:-)

  27. le@erSHip says:

    aUh cMwnA…
    Da nYAng bisA kasE teW aQ g dmN yuqH aQ bSA doWNLoad nOPeL2na aNDRea HiraTa coaLe kTA tmEN2q keYEn tUh nOPeL PaDa.
    mO bLI gI boKEk…
    gugugugugugug
    TENZ BWT NYANG UDA MO NGASE TEW AQ

    1. SUPIRMAN ALAMSYAH says:

      MAMANGNYA DIMANA DOWNLOAD NOVELNYA .?

  28. dude says:

    novel yg menarik dan mengalir……

  29. umu yaswarab says:

    kalo ada yg gratisan aja aq ikutan ………

  30. Pirta18 says:

    saya suka sekali novelnya, cerita dan pengalamannya sangat menarik.

  31. iskandar says:

    gw jga blum bacah nich………mau pinjam ngga ad yang punya……….mau donwload.donwload dmna……..kasih tau dong,……..kalau ada yang punya krim dong di emailku ( nhandar.uh@gmail.com)

  32. SUPIRMAN ALAMSYAH says:

    AKU SANGAT SENANG MEMBACA NOVEL SETELEH KU MEMBACA NOVEL EDENSOR .DAN AKU INGIN SEKALI MEMBACA NOVEL LASKAR PELANGI LAINNYA KAN ADA TIGA LAGI DAN AKU SANGAT MENGINMGINKANNYA.

  33. SUPIRMAN ALAMSYAH says:

    DAN AKU SANGAT KAGUM DENGAN APA YANG TELAH DICIPTAKAN OLEH ANDREA HIRATA .

  34. ti^0 says:

    everything was excellent

  35. hendryfikri says:

    Assalamu’alaikum. sebelumnya makasih dah mampir ke blog ana….
    Ana kecewa banget sama Bukunya yang keempat. (Maryamah karpov)
    setelah terkagum-kagum dan termotivasi dengan 3 buku sebelumya (laskar pelangi, sang pemimpi dan edensor).
    setelah baca buku yang keempat ini kok jadi punya kesan sebaliknya yah….. (khayalannya terlalu tinggi, ngawur dan bertele-tele).
    mana bukunya tebel banget lagi. (that’s my opinion).
    mungkin ada yang punya pendapat lain.
    wassalam.

  36. ismi nabilla says:

    maryamah karpov ada yg ke-2 y? Truz, sinopsis-a gmn?

  37. Dedek says:

    novel yg membangunkan semangatku yg telah tertidur pulas. novel yg membuatku berani bermimpi dan memimpikan sebuah mimpi yg teramat indah. Salam hormat, sayang, dan kagum tulus ikhlas dari hati yang terdalam buat Andrea Hirata. Sebuah pengalaman ketika membaca karya-karyamu (laskar pelangi, dan sang pemimpi, edensor baru pesan sama teman)

  38. ilva says:

    sumpah…keinginanku semakin kuat setelah apa yang dituangkan Andrea Hirata dlm novel ketiga nya yg berjudul EDENSOR ini…sampai ia berpetualang k negri2 Balkan, Afrika,Perancis… dan belahan dunia lainnya… dialah inspirasiku. aku sudah membaca semuanya.. kalo boleh tau…apa semua yg dituangkan andrea dlm novel ini cerita fakta yg dialaminya?? d tunggu jwbannya…

  39. wisnu says:

    harga buku edensor berapa c???mw beli

  40. rifky says:

    bukan suatu hl yg Mdh bza mewujudkan keinginan dilihat dri knyataan yg bgitu menyayat hati. Namun, berbkal ketguhan menundukan nasib ikal bisa menjajahkan kakinya d negri org. Org yg uangnya banyak belum tentu bs ke inggris. sungguh fantastis. Bravo ikal

  41. lee 'n na says:

    KEREN ABIEZ……

  42. diqka says:

    seri nvelna mang kren… Bgetz..

  43. riko says:

    kapan tayang fiLm edensor??????
    aQ mW donk jdi artis, bntu2 bWt fLm….
    gak di gaji gk pa2….
    asL bsa jd artis….
    sapa tw….
    tenar dan berbakat…
    ada job besar….

    d tggu……

  44. aris says:

    luar bysa andrea hirata , crita yg pnuh inspirasi jd pgn bc EDENSOR

  45. rizal says:

    boleh tau nh novel edenzor ini nanti d film kn y???

  46. Ain says:

    Aduuuh . . . Q dah lama nih pengen baca t novel. Abisnya pnasaran bgt. Pnah waktu q lg ke bank dan q pinjem novel Edensor-nya pak satpam. Kebetulan q baca bgian fotonya Roma irama yg solah olah hidup dan dia lg pgang krah bajunya andrea sambil menyemangati Andrea.dan yg lucu dari bgian ini, Andrea Hirata mampu mnuliskan suara Bang Roma ke dalam buku.wuih,persis bgt.kyk ada serak,dehem,ma desah.wahahahaha,serius,saat aku baca bgian itu aku sampek cekikikan di antara sekian banyak orang yang ada di bank.wahahahaha,malu . . . bgt

  47. diah says:

    edensor kpn tayang di bioskop’a????????

  48. cep aryo says:

    …alhmdllah dngn buku ini smngt untk hdup di negri orng jd ymbh jreng ^_*

  49. oce' ENREKANG says:

    wahai para Para PenCinta Novel niCh jika Ada di antara Klian smua yg tw gmn caraX DownLoad KACI TW donk biar kita jg bZ baCa niCCCCCh… thanks B4…

  50. oce' ENREKANG says:

    Tman2 yg mW download thZ Novel…. segera kunjungi alamt dibawah ini… Good Luck

    http://rapidshare.com/#!download|237|127706464|Andrea_Hirata_Edensor.rar|20519

  51. R. aditya says:

    Tetrologi Laskar Pelangi memang keren abis, bisa menambah motivasi seseorang. gw salah satunya yg termotivasi novel-novel ini, novel ini membangkitkan gairah gw untuk mendapatkan dan mencari ilmu lebih lagi dari yg gw pny sekarang ini…..

    gw pny novel Laskar Pelangi & Edensor….tapi sayang Novel Sang Pemimpi gak sempet gw dapetin, karna keadaan kantong yg gak memungkinkan saat keluar novel itu…..

    buat tmn2 yg punya Novel Sang Pemimpi, klo boleh gw pinjem dong…cuma untuk di baca sejenak aja….

    gak lupa buat Film2 Laskar Pelangi & Sang pemimpi Keren abis…..

  52. Dasril Iteza says:

    edensor emang keren ya Uda? btw, kalo boleh saya mau tukaran link dengan blog Uda ini., gimana? saya tunggu responnya ya….

    salam kenal!

  53. putri noviani says:

    thanks buat k’andrea yng nulis novelnya bagus banget apalagi keempat novel yng salin g bersambung ni aq benar2 merinding bacanya n sampai mengeluarkan air mata
    ho aq benar2 suka

  54. GAEBYZANGGREN says:

    EDENSOR,……….. menjadi ssumber inspirasi…dan motivasi

  55. nelson says:

    i think this book is very good…

    it’s make me can think that the world not just as big as a leaf…

    i want all of the people in the world…

    can read this book…

  56. lindy says:

    kerennnnn
    good luck and thanks buat semangat baru dlam hidup
    kejar trus semua mimpi” dngan usaha dan do’a

  57. farahsn says:

    best book ever! \’u’/
    menginspiraasi bangeet!!!
    hebat banget ya? pengelaman pribadi :0

  58. Kafe Buku says:

    waaaah…novelnya keren bgt. sayang bgt kalo ga baca.
    http://kafebuku.com/tetralogi-laskar-pelangi-3-endesor/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s